Pariwisata Indonesia


Telah banyak yang telah dilakukan pemerintah untuk hal yang satu ini-Pariwisata. tidak dapat disangkal dengan alasan apapun, sektor ini merupakan sektor yang sangat mungkin dikembangkan, dieksplorasi dan dieksploitasi secara optimal. hal ini terkait dengan potensi yang dimiliki indonesia, sebagai sebuah negara kepulauan, yang memang kelewat banyak. Namun demikian, sayangnya potensi-potensi yang kelewat banyak itu lebih banyak yang mubazir daripada yang termanfaatkan secara optimal dan profesional untuk kepentingan pariwisata.

Pemerintah sendiri pun, sejak bertahun yang lalu, sejak masih kentalnya istilah orde-orde itu, entah itu orde lama atau orde baru. telah menempatkan pariwisata sebagai sektor spesial yang yang penting dalam meningkatkan pendapatan nasional. bahkan disebut-sebut pula sebagai penghasil devisa tertinggi ke dua setelah sektor migas. 

Melihat fakta tersebut, sudah semestinya pembangunan pariwisata di negara ini-yang notabene merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan ± 18.110 pulau yang dimilikinya dengan garis pantai sepanjang 108.000 km, harus digarap dengan super serius, bukannya dengan sambil lalu dan seolah hanya sebagai usaha sampingan belaka.

Tidak ada yang akan berani menyangkal bahwa indonesia telah memiliki modal yang luar biasa melimpah untuk berbisnis pariwisata. Potensi alam yang luar biasa kaya, keanekaragaman flora dan fauna yang tak terhitung jumlahnya, benda-benda purbakala, peninggalan sejarah, serta seni dan budaya yang dimiliki tiap jengkal tanah persada ini. sekali lagi fakta tersebut mengindikasikan bahwa pariwisata indonesia dapat menjadi juara bukan hanya di asia namum di dunia. Jadi semua terserah kita, mau kita apakan modal itu, mau dibiarkan saja menunggu aus dan tergerus masa atau kita manfaatkan demi keuntungan yang menjanjikan?
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dan Arti Candi Borobudur

tentang wayang